Senin, 24 Januari 2011

Al Qur'an, surat cinta dari Allah

Catatan Bpk. Yan Harlan dari milis Daarut Tauhid...
hmmm...seharusnya sehari se juz bisa ya...

Al Qur'an, surat cinta dari Allah ( note # 4 from a memorable Umroh Trip )

Catatan disela I'tiqaf Ramadhan tahun kemaren, semoga ada hikmah yg bisa kita ambil

Sekitar 3 thn yang lalu dari Pak Hamim Thohari saya pernah mendengar ungkapan : Al Qur'an itu mungkin bisa dinilai sebagai surat cinta Allah kepada hamba hamba NYA, ... dan Seorang pencinta pasti sangat senang membaca surat dari yg dicintainya.

Dalam perjalanan umrah kali ini saya melihat demonstrasi ungkapan itu. Mayoritas jama'ah yang ber i'tiqaf di Masjidil Haram larut dalam keasyikan membaca Al Qur'an, dari berbagai suku bangsa dan lintas profesi. Mereka membacanya pagi, siang, sore, malam, dan bahkan menjelang shubuh. Sekiranya yg larut dalam keasyikan itu seorang pensiunan atau (ma'af) orang biasa biasa saja, saya tdk terlalu kagum. Akan tetapi kalau yg sangat banyak membaca Qur'an itu seorang pengusaha, seorang engineer, atau seorang pejabat pemerintahan misalnya, kekaguman saya muncul.

Di malam 27 Ramadhan kemaren, saya punya kenalan baru, namanya Zuher dari Maroko, dia adalah pengusaha /pemilik pabrik pengalengan makanan di Marakkesh. Zuher membaca membaca Qur'an dg endurance yg luar biasa, dari ba'da Ashar sampai Isya dia mambaca 6,5 Juz, sangat cepat, dua hari yg lalu saya bersebelahan dg Muhammad, seorang Aircraft engineer AU Nesir, selama 10hari terakhir Ramadhan beliau mengkhatamkan Al Qur'an rata rata setiap 3 hari. Utsman, seorang pegawai di UAE juga stabil membaca Qur'annya, selain dia 'mendakwahi' saya ttg sunah nabi. Sepertinya posisinya dipemerintahan cukup tinggi dilihat dari pakaian, jam, sendalnya, dan dia menginap dihotel yg bertarif 10 s/d 24 jutaan permalam. Sebelumnya saya kenal saya juga berkenalan dg Muhammad Yakub, seorang Executive Director sebuah Holding Company di Bangladesh, antara Maghrib dan Isya dia membaca Surat Al Waqiah berulang ulang. Banyak lagi kenalan yg baru saya kenal di Masjidil Haram.

Saya merasa begitu beruntung kenal dg orang2 shaleh itu, Urusan dunia dan urusan akhirat dikelola / diurus dengan kesungguhan.
Duduk bersimpuh membaca Qur'an tentu pegal, sekarang sdh ada kursi khusus I'tiqaf, jadi kita bisa membaca Al Qur'an sambil bersandar, bila punggung sudah terasa pegal karena kelamaan duduk, baca Al Qur'an sambil berdiri, capek berdiri: duduk, dan subhanallalah, ada yg baca Qur'annya sambil tiduran. Saya teringat petikan QS Ali Imran, ... Alladziina yadzkuruunallaha qiyaaman waqu'uudan wa'alaa junubihim ... Mereka berzikir mengingat Allah sambil berdiri, duduk atau berbaring, ... Ali Imran ayat 191.

Para salafussaleh begitu tinggi interaksinya dengan Al Qur'an. Imam Syafii selama Ramadhan mengkhatamkan Qur'an 2x setiap malam, Kahlifah Umar bin Khattab dan Utsman bi Affan mengkhatamkan Al Qur'an setiap malam. Imam Abu Hanifah sepanjang hayatnya mengkhatamkan Al Qur'an tidak kurang dari 6000x. Rasulullah, dalam satu rakaat saja shalat malam beliau membaca sekitar 4,5 Juz Al Qur'an, padahal beliau shalat malam 8 rakaat dan 3 rakaat witir.

Kenalan baru saya di Masjidil Haram ini begitu tekun 'online dg Allah' ... Muhammad Yakup mengatakan, hampir setiap tahun saya datang kesini, I need to detox my soul kata Yakub. 300 hari lebih saya mengurus bisnis, nah yg 10 hari ini 'my time for Allah' ... 300 hr lebih berurusan dg makhluk, dan 10 hr bergaul dg sang Khalik ... Subhanallah.

Detox melalui pengaturan pola makanan insyaAllah akan membuat badan lebih sehat, Detox spiritual akan membuat serang hamba menjadi lebih dekat kepada Allah, menentramkan batin, membeningkan hati, dan mejadikan kita semakin terpesona akan keindahan pada setiap pengaturan / ketentuan Allah yg setiap detik milyaran nikmat berlangsung pada setiap desah nafas kita, setiap butir nasi yg kita makan, dalam setiap kedipan mata, setiap detakan jantung, setiap sel darah merah, setiap serabut otot dan syaraf kita. ...

Mari kita jadikan apa yg dilakukan Utsman, Zuher, Muhammad Yakup, Nimra, sebagian dari kenalan baru saya, dan para hamba shaleh lainnya sebagai sumber inspirasi dan memotivasi kita untuk banyak berinteraksi dengan Al Qur'an, dg membacanya, mempelajari kandungan maknanya, menghayati dan mengamalkannya.

O, ya, semalam dari shalat Maghrib, Isya sampai selesai shalat tarawih saya bersebelahan dg seorang jenderal AU Mesir, ... Rendah hati dan tekun ibadahnya, semoga ( petinggi militer kita) juga spt itu ...

Salam dari Yan Harlan, dari Makkah al Mukarramah. (Sambil menunggu waktu Isya, malam 28 Ramadhan). Tolong di sebar ya ? Mari senantiasa berbagi cahaya iman, smg Ampunan, Rahmat dan Ridho Allah menaungi kita senantiasa, amiiiin.

-----------
Sahabat sekalian, ... sekian jam kita dalam sehari berada didepan komputer dan sebagian diantaranya terhubung dengan internet. Nah berangkat dari semangat `tiada hari tanpa membaca Al Qur'an', maka disela kesibikan kantor (ketika online) silahkan masuk ke www.salingsapa.com , dan pilih fitur Al Quran . Anda akan bisa membaca Qur'an digital dalam format flash atau bacaan ayat perayat. Bacaan ayat per ayat ini insyaAllah akan memudahkan kita untuk memeriksa /mengetahui cara membaca yang benar sesuai dengan kaidah Tajwid yang benar. Selamat membaca Al Qur'an, selamat mencahayai jiwa, ...barakaallah fii kum



__._,_.___

Tidak ada komentar: