Selasa, 02 Desember 2008

Jualan Buku..baju...dan sate....

Hari ini iseng-iseng saya jalan -jalan ke Bursa buku Palasari..sebetulnya bukan iseng sih..ini ada kaitannya dengan rencana saya dagang buku bekas via milis dan web..atawa oonlainan lah kata orang sunda mah..

Ternyata Pasar buku Palasari sudah jauh berubah dibanding waktu saya SMP/A pas hobi-hobinya beli buku silat dan Komik. Dari beberapa toko langganan hanya dua yang tersisa..dan yang melayani masih sama dengan 20 tahun lalu bapak X dan Ibu Y...Hmm..puluhan tahun mereka melakukan usaha ini..yang jelas pasti lebih dari 20 tahun....dan makin hari makin segar saja beliau-beliau ini...

Saya jadi teringat dengan salah satu produsen busana muslim yang produknya menjadi salah satu best seller di toko kecil kami..Sewaktu pertama saya ke rumahnya sang pemilik bercerita bahwa sudah 9 tahun lebih beliau berbisnis di bidang busana muslimah ini...woww bagi saya ini waktu yang cukup lama...dan ketika saya tanya omsetnya katanya bisa sampai 8 juta satu hari....

Sore dua hari yang lalu saya membeli sate 30 tusuk ...sambil nunggu iseng saya ngobrol dengan paman tukang sate...dia bercerita kalau mayoritas tukang sate di bandung asalnya dari madura..dan yang paling sukses adalah yang di prapatan binong-kircon..bisa mencapai 8 digit satu hari katanya....lha paman sendiri? dia bilang sih kecil aja..cuman 800 ribu...omzetnya..untung bersihnya 300ribuan...

wah..wah..wah..300ribu kali 30 khan 9 jt ya....:-).....dan beliau sudah bertahun2 menjalani profesi sebagai tukang sate...

saya coba merenung ternyata...mereka menjalankan usahanya sudah bertahun2 ...entah suka dan duka apa yang mereka alami selama ini ...yang telah saat ini mereka sedang memetik buahnya...(Alhamdulillah...)

Terkadang kita hanya melihat mereka pada saat ini dan berharap bisa segera menyusul memetik buah seperti mereka...dan kita kadang lupa bertanya berapa kali mereka jatuh dan berapa kali mereka bangkit....

Tiga cerita diatas memotivasi saya untuk terus menekuni usaha yang telah kami coba rintis...(disamping pekerjaan formal yang saya emban...tidak ada salahnya kita tetep bekerja toh..:-)) dan yang akan dirintis....

clue-nya sudah jelas..pohon buah tidak akan berbuah lebat hanya dalam hitungan minggu apa lagi hari..dan pohon buah juga tidak akan berbuah jika tidak diberi pupuk...begitu pula dengan usaha...usaha kita tidak akan menghasilkan dalam hitungan minggu ataupun hari kita menekuninya...apalagi kalau tidak kita urus...he..he..

Apalagi ya?

Tidak ada komentar: